belajar bahasa jepang

7 Alasan Mengapa Jisshusei Harus Belajar Bahasa Jepang

Alasan mengapa belajar bahasa Jepang?

Belajar bahasa Jepang – Ada sejumlah alasan mengapa semakin banyak orang tertarik untuk belajar bahasa Jepang, dan masing-masing memiliki motivasi mereka sendiri.

Banyak dari mereka tertarik untuk pertama kali pada Jepang melalui manga (komik) atau anime. Lalu ada juga peminat game yang serius tertarik dengan negara Jepang karena perkembangan gamenya. Ada pemerhati sejarah yang terpesona dengan perubahan menarik dari era ke era Jepang, dan pecinta makanan terobsesi dengan masakan Jepang yang bervariasi. Diantara mereka mungkin memiliki latar belakang insinyur, seniman, pebisnis, kutu buku bahasa dan semua jenis orang yang belajar bahasa Jepang. Terlepas dari latar belakang Anda, saat Anda di Jepang anda diperlukan kemampuan bahasa Jepang untuk bisa berkomunikasi dengan orang jepang saat di Jepang. Beberapa alasan mengapa orang harus belajar bahasa Jepang sebagai berkut.

Belajar bahasa Jepang
Bentuk Kata Kerja Dalam Bahasa Jepang

1. Bahasa Jepang sebagai pintu masuk 

Ini adalah salah satu bahasa yang lebih sulit untuk dipelajari tetapi dapat menjadi bahasa gerbang ke bahasa Asia lainnya. Jika Anda seorang penutur bahasa Inggris, bahasa Jepang akan tampak sangat berbeda, untuk alasan yang jelas. Sistem penulisan sulit karena ada tiga jenis karakter yang berbeda, dan ada kehormatan dan berbagai bentuk bicara tergantung pada konteksnya.

Sangat sulit untuk membedakan pada awalnya tetapi setelah belajar bahasa Jepang dapat disadari bahwa sebenarnya dapat memahami beberapa hal yang ditulis dalam bahasa Cina karena mempelajari karakter Cina. Dan itu juga sangat membantu dalam mempelajari bahasa Korea, yang saya coba lakukan sekarang , karena kesamaan gramatikal.

Mempelajari bahasa baru (terutama bahasa Jepang atau bahasa Asia lainnya) dapat membuka pengetahuan mengenai dunia sastra, film, musik, permainan, anime, manga, dan media lain yang sama sekali baru untuk dinikmati. Media yang paling populer biasanya diterjemahkan ke bahasa Inggris. Tetapi film atau anime Jepang yang kurang populer tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau terjemahannya tidak resmi, dan tidak berkualitas bagus. Berbahasa Jepang adalah cara untuk mengenal budaya lebih baik dan menemukan sisi Jepang yang Anda tidak akan pernah bisa tanpa bahasa Jepang.

2. Bahasa Jepang memperluas pikiran Anda

Belajar bahasa Jepang membuka pikiran Anda ke budaya yang berbeda. Sebagai negara kepulauan, Jepang telah terisolasi untuk sebagian besar sejarahnya. Budaya yang unik jelas dapat dialami melalui kunjungan, tetapi mempelajari bahasa itu sendiri sangat membantu dalam memahami sejarah dan perbedaan budaya. Misalnya, ada kata-kata tertentu dalam bahasa Jepang yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa lain, karena keunikan budaya.

Mungkin ada kesamaan dengan budaya lain serta aspek yang sangat berbeda. Mempelajari budaya apa pun akan membuka pikiran Anda, tetapi budaya yang sangat berbeda dari budaya Anda mungkin akan melakukannya lebih lagi.

3. Membuka peluang bisnis yang lebih besar

Jika Anda ingin membuka perusahaan Anda sendiri di Jepang, Anda akan mendapatkan lebih banyak peluang jika Anda berbicara bahasa. Sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia untuk sementara waktu dan sekarang ketiga dari PDB, ada ratusan miliar dolar yang dihabiskan oleh Jepang untuk barang dan jasa konsumen. Impor dan ekspornya sehat, dan ada perusahaan multinasional Jepang dengan cabang di seluruh dunia.

Mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan potensial, mitra bisnis, pengusaha atau vendor akan berharga dalam membuat bisnis Anda tumbuh.

Juga, pekerjaan paruh waktu, magang, atau bekerja di Jepang pada akhir studi Anda di Jepang bisa menjadi cara yang bagus untuk melengkapi pengalaman belajar Anda di luar negeri di Jepang.

4. Gerbang menuju teknologi dan budaya

Orang Jepang adalah inovator. Di Jepang telah lahir kereta peluru, Walkman, lampu LED biru, kalkulator saku, dan robot android dan lainnya. Jika Anda tertarik pada R&D teknologi, belajar bahasa Jepang akan membuka pintu ke banyak peluang lainnya. Bahkan jika Anda tidak berpikiran teknis, mengenal bahasa Jepang akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami teknologi mutakhir dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Jika Anda belajar bahasa Jepang, Anda akan dapat memahami animasi, film, variety show, berita, dan media Jepang arus utama apa pun. Ini memungkinkan Anda untuk mengikuti budaya pop, acara terkini, sejarah, dan banyak hal lain dalam bahasa asli, memungkinkan koneksi yang lebih dalam ke budaya tradisional dan pop Jepang.

5. Belajar bahasa Jepang membuat Anda berbeda

Ini membuat Anda berbeda dari yang lain. Jika Anda berasal dari belahan bumi Barat khususnya, bahasa asing populer cenderung menjadi bahasa romansa. Banyak penutur bahasa Inggris akan memilih untuk belajar bahasa Spanyol, Prancis, Italia atau Jerman. Ini lebih umum ditawarkan di sekolah dan lebih dekat ke bahasa Inggris, sehingga lebih mudah dipelajari.

Dengan mempelajari bahasa yang jarang dipelajari yang terkenal sulit dikuasai, Anda mungkin dapat memanfaatkan peluang unik. Yaitu peluang yang tidak tersedia bagi kebanyakan orang, serta dianggap sebagai orang yang suka berpetualang dan pekerja keras.

6. Alat untuk memiliki lebih banyak teman

Orang Jepang bisa malu. Banyak sekolah dasar dan menengah di Jepang mengajarkan bahasa Inggris. Mayoritas orang di Jepang memiliki pendidikan minimal dalam Bahasa Inggris. Tetapi bahkan di antara mereka yang sangat kompeten dalam bahasa Inggris, Anda akan menemukan bahwa ada banyak orang Jepang yang enggan berbicara dalam bahasa Inggris karena kurang percaya diri atau rendah hati.

Banyak orang Jepang akan berkata, “oh saya tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik.” Orang Jepang ramah tetapi akan menghargai jika Anda dapat mengambil inisiatif untuk berbicara dengan mereka dalam bahasa Jepang. Dibandingkan dengan belajar bahasa dari negara di mana banyak orang berbicara bahasa Inggris atau bahasa lain, belajar bahasa Jepang akan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Anda juga dapat bertemu banyak orang lain dari seluruh dunia. Hal ini dapat menyebabkan perspektif yang lebih luas tentang berbagai budaya, masalah dunia, dan cara berpikir. Dengan semua teman baru yang dapat Anda buat, Anda juga dapat menemukan peluang kerja baru melalui koneksi dengan teman, dll…

7. Alat untuk meikmati semua yang eksklusif

Para penggemar manga, anime, dan video game mungkin sudah sadar, tetapi Jepang sering mendapatkan yang terbaik. Konsol permainan edisi khusus, edisi terbatas serial anime dan film kolektor, mainan dan patung-patung baru. Dan untuk mendapatkan produk-produk ini dari luar negeri, Anda mungkin harus berurusan dengan penjual ulang dan mungkin harus membayar mahal untuk itu. Itu semua baik dan bagus, tetapi itu berarti bahwa produk itu sendiri kemungkinan hanya ditawarkan dalam bahasa Jepang, dan mengetahui bahasanya akan membuat Anda menikmatinya sepenuhnya. Itulah pentingnya belajar bahasa Jepang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.