Terapkan Hal Berikut Ini! Cara Atur Waktu dan Kegiatan Selama Magang di Jepang

Terapkan Hal Berikut Ini! Cara Atur Waktu dan Kegiatan Selama Magang di Jepang

Magang di Jepang – Bagi Anda yang akan atau sedang mengikuti program magang di Jepang, dibawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda ikuti dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari selama tinggal dan bekerja di Jepang.

Dilansir dari artikel yang berada di laman web kenshuusei.id, sebaiknya Anda mulai membagi waktu harian mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Seperti rutinitas dibawah ini:

  • Bangun Tidur

Sebaiknya Anda bangun tidur sebelum subuh, bagi Anda yang beragama muslim tentunya hal ini sudah menjadi kebiasaan, karena kita diwajibkan untuk melaksanakan sholat subuh. Selain itu bangun sebelum subuh juga bermanfaat untuk kesehatan, memiliki waktu luang untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan tenang sbelum berangkat kerja dan tentunya menghadirkan semangat untuk pergi bekerja.

  • Senam Rajio Taisou

Senam khas Jepang (Rajio Taisou) ini disebut juga senam peregangan, ini memberikan efek  agar badan Anda terasa ringan dan juga dapat menghilangan rasa kantuk yang masih melekat, lakukan senam ini selama kurang lebih 5 menit.

  • Mandi, Makan pagi, dan Persiapan kerja

Sekitar jam 6 hingga jam 7 pagi, mandilah menggunakan air dingin dengan bersih dan wangi supaya badan terasa lebih segar dan percaya diri, jangan lupa untuk makan pagi yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna. Bagi Anda yang muslim makanlah makanan yang   halalan thayibban, ini wajib hukumnya.

Saatnya persiapan untuk berangkat menuju ke tempat kerja, jangan sampai ada yang tertinggal dan jangan sampai terlambat datang di tempat kerja. Sebelum Anda pergi kerja sebaiknya jangan lupa untuk mengecek tong sampah dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah, ada baiknya Anda bersih-bersih tempat tidur terlebih dahulu.

  • Jam Kerja

Di Jepang , jam kerja normal itu mulai sekitar Pukul 08.00 hingga Pukul 17:00 waktu Jepang. Usahakan selesaikan semua pekerjaan Anda hingga jam kerja berakhir. Di luar jam kerja itu masih ada banyak jadwal yang harus Anda selesaikan.

  • Sholat Dhuha

Bagi Anda yang umat muslim, sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah sholat dhuha di sela-sela jam kerja Anda. Ini bisa dilakukan pada rentang waktu Pukul 08.00 hingga Pukul 11.00, jika Anda terlalu sibuk Anda dapat melakukannya cukupa dengan 2 rakaat saja. Sholat ini bisa dibilang sebagai pendongkrak rezeki selain itu manfaat dari sholat dhuha juga dapat membuat pikiran Anda lebih fresh sehingga bisa lebih fokus dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan.

  • Tidur Siang

Tidur siang ini ternayata cukup penting dan bermanfaat bagi tubuh, di Jepang biasanya banyak orang-orang atau pekerja yang melakukan tidur siang disaat jam istirahatnya. Anda dapat melakukan tidur siang cukup 10 menit saja, tidak perlu lama-lama.

Ini dapat dilakukan sebelum dzuhur maupun setelah sholat dzuhur. Perlu Anda ketahui dalam dunia medis juga sudah banyak yang menjelaskan tentang segudang manfaat dari tidur siang, bahkan dengan waktu 5 menit tidur siang saja katanya sudah bisa me-recharge energi pada tubuh kita.

  • Menjelang Maghrib

Pada saat menjelang magrib sebaiknya  kita sudah menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan. Supaya kita bisa istirahat sebentar sambil menunggu waktu magrib tiba.

  • Maghrib sampai Isya

Bagi yang beragama islam tentunya waktu ini dimanfaatkan untuk melakukan ibadah sholat magrib dan sholat Isya ketika telah tiba waktunya, bagi Anda non muslim dapat mengisi waktu ini untuk istirahat dan makan atau membersihkan diri seperti mandi. Tentunya Anda sangat lelah setelah seharian melakukan pekerjaan dengan konstrasi yang cukup tinggi.

  • Setelah Isya

Ini adalah waktu yang free, Anda dapat mengisinya dengan berjalan-jalan keluar untuk membuang rasa penat setelah seharian bekerja atau dapat juga dengan makan malam, berkumpul dengan teman-teman, berselancar di dunia maya, atau merancang kegiatan apa saja yang akan dilakukan esok hari.

Setelah itu Anda bisa tidur jika dirasa sudah mengantuk, jangan tidur larut malam atau begadang selain karena itu tidak baik untuk kesehatan keesokan harinya mata Anda akan terasa berat dan ngantuk sekali. Ini tidak baik untuk mengawali hari.

Selanjutnya, masih dilansir dari laman web kenshuusei.id. pada saat akhir pekan Anda bisa melalui atau menghabiskan waktu akhir pekan dengan teman-teman. Anda bisa melakukannya tiap akhir pekan atau minimal 1 sampai 2 minggu sekali.

Mengisi akhir pekan dengan quality time dapat berupa makan-makan, sharing dan bercengkrama, pergi ke masjid, atau pun main futsal bersama teman-teman, hal ini bisa memberikan efek positif  yang menyenankan, mengasyikan, menghilangkan setres dan juga mempererat tali kekeluargaan diantara kalian.

Kalau lagi Anda dan teman-teman sedang ada uang berlebih, bisa juga akhir pekan dihabiskan untuk  traveling bareng mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Jepang. Rutinitas ini bisa membuat  hubungan pertemanan Anda dengan teman lainnya semakin dekat dan solid.

Selain itu, Anda juga bisa berakhir pekan dengan melakukan olah raga minimal seminggu 2x. Ini dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat dan terlatih, selain itu dengan olah raga juga akan memberikan efek bahagia bagi yang melakukannya. Anda bisa melakukan olah raga seperti bersepeda, jogging, yoga, dan lalai-lain. Tinggal di Jepang harus bisa membagi dan menyeimbangkan waktu, antara waktu untuk kerja dan waktu untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika Anda suka berkumpul dan bertemu dengan banyak orang atau berkenalan dengan orang-orang baru, Anda bisa juga berakhir pekan dengan bergaul dan berkenalan dengan penduduk sekitar atau mengiikuti komunitas yang ada. Tak dapat dipungkiri terkadang ada beberapa tetangga yang sering terlihat sinis dengan kita terlebih jika kita ini adalah orang asing bagi mereka.

Untuk itu sebaiknya Anda harus sering-sering menyapa dan melontarkan senyum duluan kepada mereka, terlebih jika Anda ini cuma pendatang saja, jadi Anda harus mulai belajar untuk bersikap ramah dengan pra tetangga sekitar tempat Anda tinggal dan menetap.

Biasanya tiap minggu diadakan kerja bakti mingguan, disitu Anda bisa ikut membantu serta mulai beramah tamah dengan para tetangga sekitar. Bila sedang tidak ada kegiatan di akhir pekan, dari pada bingung dan hanya berdiam diri baiknya Anda mulai mengikuti organisasi atau komunitas yang bermanfaat, misalnya seperti komunitas belajar Bahasa Jepang khusus orang asing, komunitas persatuan magang orang-orang Indonesia misalnya, dan lain sebagainya.

Mengikuti komunitas-komunitas tersebut selain bisa mengasah kemampuan Bahasa Jepang bisa juga menambah wawasan, relasi dan pertemanan dari berbagai negara. Selama di negara orang ada baiknya Anda harus selalu berbuat dan bersikap baik, taati aturan yang ada, jangan berbuat seenaknya, dan jangan membuat masalah dengan siapapun dan di manapun, karena nanti ujungnya Anda bisa menyesal pada akhirnya.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mengisi hari-hari Anda selama tinggal di Jepang, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda semua. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.