Sistem Pembayaran di Jepang

Sistem Pembayaran di Jepang Non Tunai Yang Harus Kamu Ketahui

Sistem pembayaran di Jepang – Di Jepang sampai perhari ini masih sistem pembayarannya masih menggunakan pembayaran secara tunai atau cash. Tetapi trend pembayaran non tunai perlahan mulai meningkat seiring dengan maraknya penggunaan internet. Dari LINE Pay hingga Suica adalah beberapa alat pembayaran non uang tunai di Jepang yang populer saat ini. Berikut ini adalah penjelasan mengenai alat pembayaran non tunai di Jepang.

Suica, Sistem Pembayaran di Jepang Terpopuler

Hampir seluruh penduduk Jepang mempunyai kartu pembayaran Suica atau PASMO. Rata rata mereka menggunakan kartu ini untuk membayar tiket kereta atau bus. Selain menggunakan kartu Suica atau Pasmo di kereta dan bus, sistem pembayaran di Jepang yang satu ini juga dapat digunakan untuk membayar barang yang kita beli di sejumlah tempat di Jepang. Ini juga termasuk mesin penjual otomatis, taksi, toko serba ada, restoran dan kafe, serta toko obat dan pusat perbelanjaan lainnya. Untuk dapat mengetahui kalau tempat belanja menggunakan sistem pembayaran non tunai ini anda cukup mencari logo Suica di dekat kasir. Bila ada logo SUICA atau PASMO anda dapat menggunakan kartu Suica atau PASMO untuk pembayaran.

Agar Suica atau PASMO dapat digunakan dalam pembayaran, cukup mengisi saldo dengan uang tunai. Anda dapat menambahkan saldo uang menggunakan mesin penjual tiket yang ada di stasiun kereta, atau isi ulang di pengecer yang menampilkan logo Suica atau PASMO.

sistem pembayaran di jepang
Suica dan Pasmo

 

Pembayaran Dengan Line Pay

Semua orang di Jepang menggunakan aplikasi Line, sehingga masuk akal jika Line Pay juga merupakan opsi sistem pembayaran di Jepang non tunai yang populer di Jepang.

Anda dapat menggunakannya di toko mana saja yang menerima Line Pay. Anda juga dapat mengirim uang dan mengirimkan tagihan ke teman anda yang sama sama menggunakan sistem pembayar ini. Dengan aplikasi Line Pay, pengguna dapat membayar melalui QR atau barcode untuk pembelian 300.000 yen atau kurang. Anda juga dapat melihat toko mana yang menerima pembayaran line pay di aplikasi line pay. Dalam aplikasi akan memunculkan toko mana saja yang meberikan diskon bila pembayarannya menggunakan Line Pay.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan Line Pay disertai dengan poin Line. Selain itu pengguna dapat menambah saldo akun Line Pay mereka melalui transfer bank, melalui ATM, seven eleven, toko swalayan, melalui FamiPort di FamilyMart atau  pengisian saldo otomatis dengan kartu kredit.

sistem pembayaran di jepang
LINE Pay

 

Alternatif Pembayaran Non Tunai dengan PayPay

Ini adalah metode pembayaran non tunai lain yang mudah digunakan yang diminati di Jepang. Fungsi dari PayPay ini seperti kartu prabayar. Untuk membuat akun PayPay ini pengguna smartphone di Jepang dapat membuatnya tanpa biaya atau saldo minimum yang diperlukan untuk membuka akun.

Untuk menggunakannya alat pembayaran di Jepang ini anda dapat memindai kode QR di kasir atau sebaliknya staff kasir di toko tempat anda belanja dapat memindai barcode yang muncul di aplikasi Anda. Carilah logo huruf P merah untuk melihat di mana Anda dapat menggunakan PayPay saat belanja. Anda juga dapat mengumpulkan poin setiap kali anda melakukan transaksi menggunakan PayPay.

Ada tiga cara Anda dapat menagih akun PayPay Anda: yang pertama melalui rekening bank Anda, kemudian menambahkan uang melalui ATM, dan terkhir dengan kartu kredit Anda.

Perhatikan bahwa PayPay saat ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang.

sistem pembayaran di jepang
PayPay

Opsi Sistem Pembayaran di Jepang Lainnya

Sebenarnya, ada lebih banyak lagi pilihan alat pembayaran non tunai yang tersedia di Jepang daripada yang anda butuhkan. Beberapa lainnya yaitu termasuk R Pay, yang terhubung ke Rakuten dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan poin hadiah Rakuten. Selain itu masih ada banyak lagi.

Dengan semua opsi sistem pembayaran di Jepang diatas, anda dapat melakukan transaksi  tanpa uang tunai. Perbedaan antara penyedia layanan pembayaran non tunai ini terdapat pada sistem hadiah mereka seperti penawaran kupon dan diskon. Kami merekomendasikan anda untuk mengunjungi situs web dari penyedia layanan pembayaran non tunai diatas untuk melihat apa manfaatnya bagi anda sebelum menentukan pilihan mana yang harus anda gunakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.