tinggal di jepang

Hal Yang Harus Diketahui Untuk Tinggal di Jepang

Tinggal di Jepang – Ada banyak hal yang dapat dijelajahi di “negeri sakura”, sebuah negara yang dipenuhi dengan teknologi paling moderen tapi masih menjaga tradisi kuno mereka. Tinggal di Jepang adalah mimpi bagi generasi jaman sekarang, tetapi saat ini tidak semudah itu untuk pindah ke Jepang. Banyak yang harus difikirkan matang matang sebelum anda membawa koper. Berikut adalah hal hal yang harus anda ketahui untuk hidup di Jepang.

Pilihan visa untuk tinggal di Jepang

Memasuki Jepang dengan statsus sebagai pelajar asing yang belajar bahasa jepang adalah pilihan terbaik untuk datang ke Jepang dan mendapatkan visa pelajar. Baik pemula atau tidak, yang paling mudah mendapatkan visa untuk tinggal di Jepang adalah visa pelajar. Selain itu, siswa bahasa dapat menyewa apartemen mereka sendiri. Dan juga pelajar juga bisa bekerja paruh waktu saat mereka belajar. Meskipun diantara beberapa sekolah melarang siswa untuk bekerja paruh waktu selama tiga bulan pertama mereka di Jepang karena harus konsentrasi di pelajaran pertama. Setelah belajar selama satu atau dua tahun, siswa dapat mulai mencari pekerjaan yang full timr. Atau bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi selanjutnya. Sebagai orang asing di Jepang, peluang untuk mendapatkan pekerjaan full time cukup tipis tanpa gelar pendidikan tinggi atau. Oleh sebab itu disarankan mendapat gelar S1 di jepang.

Pilihan lain adalah transfer intra perusahaan. Transfer intra perusahaan ini melibatkan perusahaan di tempat negara tinggal  yang memiliki kantor induk di Jepang atau sebaliknya. Nah apabila anda mendapatkan pekerjaan di perusahaan seperti itu bekerjalah sungguh sungguh agar dapat dipromosikan untuk pindah di Jepang. Melalui transfer ini, karyawan bisa mendapatkan visa kerja yang memungkinkan tinggal di Jepang. Ini bukan tidak mungkin, tetapi langkah seperti ini mungkin memakan waktu bertahun-tahun dan peluangnya tidak setiap tahun ada. Selanjutntya ada yang lebih gampang untuk bisa tinggal di jepang yaitu dengan status magang di Jepang.

tinggal di Jepang

Biaya hidup di Jepang sangat tinggi

Pengeluaran wajib – Untuk biaya hidup di Jepang, tergantung di mana kita tinggal. Diantara pengeluaran saat tinggal di Jepang, biaya akomodasi dapat menjadi pengeluaran terbesar di Jepang. Di Tokyo, biaya perumahan adalah minimal 35.000 yen / bulan. Untuk kamar bersama di rumah bersama, menjadi sekitar 60.000 yen untuk satu kamar di rumah bersama. Untuk yang suka tinggal sendiri bisa mengeluarkan rata-rata 80.000 yen untuk apartemen tunggal kecil. Perlu diingat bahwa tinggal di daerah yang nyaman di Tokyo meningk juga 30-40% dalam uang sewa apartemen. Di sisi lain, di kota-kota selain Tokyo, biaya sewa bisa 20, 30 atau bahkan 50% lebih rendah. Karena itu disarankan untuk tinggal di luar tokyo meskipun kerjanya atau sekolahnya di Tokyo, seperti chiba, kanagawa,dll.

Pengeluaran tambahan – Di Jepang, pengeluaran utama adalah listrik, gas, dan air. Di rumah berbagi, biayanya biasanya sekitar 5.000 yen. Namun, dengan satu apartemen, biaya bisa mencapai 8.000 yen hingga 10.000 yen per bulan secara total. Selain itu pelanggan internet di jepang akan sangat dimanjakan. Karena kecepatan internetnya sangat cepat dan biayanya terjangkau. Biaya koneksi serat optik mulai 3.000 yen hingga 6.000 yen per bulan berdasarkan bandwidth.

Pengeluaran uang makan – Untuk masalah makan, tergantung di mana Anda memilih untuk makan. makan di luar Jepang kadang-kadang bisa lebih terjangkau daripada memasak di rumah. Di daerah perkotaan Jepang, banyak orang makan di luar setiap  hari karena murah, cepat, dan tidak ada piring kotor untuk dibersihkan sesudahnya. Namun, jangan biarkan ini menjadi kebiasaan. semurah apapun makan diluar tetap makanan sehat adalah makanan yang kita buat sendiri. Kalau di cari dengan benar benar, Anda akan menemukan supermarket dengan harga sangat murah. Supermarket bernama “gyomu-supa” menjadi tempat faforit belanja karena harganya sangat terjangkau.

Manfaatkan waktu di Jepang

Biasanya akan ada pengalaman yang berbeda orang asing yang tinggal di Jepang, dan tiap orang berbeda beda. Beberapa orang menggunakan waktunya untuk mempelajari bahasa dan adat istiadat, sehingga menemukan teman-teman orang Jepang. Selain itu juga bisa menemukan peluang bisnis, dan kesempatan untuk berbagai hal. Beberapa orang lainnya tidak pernah berupaya untuk beradaptasi dengan kehidupan di Jepang. Orang asing yang tidak mau berusaha untuk mempelajari kebiasaan di Jepang akan mengalami kesulitan saat tinggal di Jepang.

Akan menjadi situasi yang tidak baik dan tidak menguntungkan bagi seseorang yang tidak tahu bahasa bahasa jepang padahal ia tinggal di Jepang. Tetapi dunia akan sama sekali berbeda terbuka bagi mereka yang mencoba belajar salagi di Jepang. Jepang adalah tempat yang tepat untuk hidup, tetapi Anda harus berusaha beradaptasi dengan masyarakat sekitar. Seperti halnya hidup di tempat baru mana pun, tetap berpikiran terbuka dan terus belajar akan membuka banyak pintu peluang.

Nikmatilah hidup di Jepang dengan mengambil keuntungan dari semua yang ditawarkan di Jepang. Tentunya hal itu ada syaratnya. Berusahalah untuk mempelajari bahasa jepang, berbicara dengan penduduk setempat, atau berpartisipasi dalam acara-acara lokal. Hal hal itu akan membuat suasana menjadi di Jepang menjadi berbeda dan lebih baik bagi siapa saja yang mau melakukannya dengan kemauan yang kuat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.