Transfer Bank di Jepang

Cara Transfer Bank di Jepang Dengan Mudah, Berikut Ulasannya

Transfer Bank di Jepang – Selama tinggal dan belajar di Jepang, Pada suatu saat mungkin Anda perlu atau harus melakukan transfer bank dari rekening bank di Jepang Anda. Kalau hal ini belum pernah lakukan sebelumnya, atau jika Anda merasa kemampuan bahasa Jepang Anda belum siap untuk melakukannya, jangan khawatir! Karena sebenarnya transfer antar bank di Jepang itu tidak terlalu rumit. Berikut adalah cara transfer yang akan membantu melakukan transfer bank di Jepang.

 

Transfer Bank di Jepang Melalui E-Banking

Cara paling mudah untuk mentransfer uang di Jepang adalah melalui rekening bank online. Jika Anda berada di Jepang untuk magang, kerja atau belajar dalam jangka panjang, disarankan untuk membuka rekening bank Jepang untuk membuat hidup Anda lebih mudah selama di Jepang, terutama jika Anda ingin bekerja paruh waktu sambil belajar.

 

Untuk melakukan transfer melalui E-Banking:

Masuk ke akun Anda dan pilih 振 込 (furikomi) untuk melakukan transfer bank.

Kemudian Masukkan detail penerima:

– Nama bank (銀行 名 ginkōmei)

– Cabang bank (支店 shiten)

– Nomor rekening (口 座 番号 kōza bangō)

– Jenis akun (講座 科目 kōza kamoku) – ini biasanya menjadi salah satu dari tiga opsi: Biasa (普通 futsū), Memeriksa (当 座 tōza), Tabungan (貯 蓄 chochiku)

Masukkan jumlah yang ingin Anda transfer, lalu lanjutkan untuk proses transfer. Akan ada permintaan secara otomatis untuk memeriksa ulang informasi yang Anda masukkan. Setelah itu konfirmasi data yang sudah dimasukan.

Perlu diperhatikan, tidak semua bank di Jepang menawarkan layanan ebanking. Dan apabila hal ini terjadi pada bank Anda, Anda dapat mencoba pergi ke bank secara langsung untuk transfer secara manual, atau melakukan transfer melalui ATM.

 

 

Transfer Bank di Jepang Melalui ATM

Pastikan Anda memiliki kartu bank atau ATM dan semua informasi bank penerima seperti di uraian diatas.

Setelah memasukkan kartu ATM dan layer sudah menyala, pilih 振 込 furikomi.

Biasanya layar selanjutnya akan menampilkan  pemberitahuan bahwa  Anda mungkin dikenai biaya dan berhati-hati terhadap penipuan.

Masukkan kode pin Anda.

Kemudian pilih bank penerima, cabang dan jenis rekening (ini biasanya Biasa, atau 普通 futsū, tapi perlu diperiksa kembali dengan penerima Anda terlebih dahulu).

Masukkan nomor rekening dan pilih jumlah yang akan Anda transfer.

Konfirmasikan (確認 kakunin) bahwa Anda ingin melakukan transfer bank di Jepang.

Jika Anda membuat kesalahan, cukup tekan tombol 訂正 teisei, lalu secara otomatis akan kembali ke layar sebelumnya (前 に 戻 る mae ni modoru) atau Anda bisa membatalkan pengoperasian dengan menekan tombol 取 り 消 し torikeshi.

 

Jika Anda tidak memiliki rekening bank Jepang, tidak usah khawatir karena Anda juga dapat melakukan transfer melalui ATM menggunakan uang tunai. Langkah pertama, pastikan Anda memilih transfer tunai (現金 genkin) daripada transfer bank. Dan proses berikutnya hamper sama dengan yang punya rekening. Perbedaannya dalam proses itu anda akan diminta untuk memasukkan uang yang akan Anda transfer. Dalam transfer menggunakan car aini diperlukan memasukkan nama depan dan belakang Anda serta nomor telepon Jepang.

Perhatikan bahwa sebagian besar bank Jepang tutup pada pukul 15:00 waktu Jepang, jadi jika Anda melakukan transfer setelah waktu tersebut, transaksi Anda akan diproses keesokan harinya.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Transfer Bank di Jepang untuk pengiriman ke luar negeri baca artikel dibawah.

 

Transfer internasional

Mungkin ada beberapa situasi di mana Anda mungkin perlu mentransfer uang antara rekening bank Jepang Anda dan rekening luar negeri. Anda dapat melakukannya melalui bank, tetapi bersiaplah untuk menghabiskan waktu lama untuk mengisi formulir. Anda juga harus membayar biaya bank yang cukup tinggi dan Anda mungkin tidak mendapatkan nilai tukar terbaik. Disini dalam pengiriman uang ke luar negeri tidak disarankan dengan Transfer Bank di Jepang.

Ada layanan lain yang menawarkan transfer bank internasional yang lebih mudah dan lebih terjangkau. Ini termasuk DCOM, Transferwise, GoRemit, Western Union dan PayPal. Perhatikan bahwa untuk DCOM Transferwise dan GoRemit, Anda harus melalui proses konfirmasi identitas yang mungkin membutuhkan waktu, jadi pastikan untuk melakukannya sebelum Anda perlu mentransfer uang di Jepang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *