Peserta Magang di Jepang Kini Bisa Lanjut Tinggal di Jepang

Peserta Magang di Jepang Kini Bisa Lanjut Tinggal di Jepang

Peserta magang di Jepang kini bisa lanjut tinggal di Jepang – kini jishhusei bisa melanjutkan bekerja di Negeri Sakura dengan visa SSW atau kerjaketerampilan khusus yang disebut sebagai visa tokuteiginou. Sebelumnya apabila cuma hanya mengandalkan peserta magang di jepang, tentu tak akan bisa memenuhi permintaan dari kebutuhan tenagakerja di Jepang. Selain peserta magang, ada juga pemegang visa mahasiswa asing (ryugakusei), atau tenaga kerjokuteia baru yang belum pernah bekerjadi Jepang, tapi memiliki kemampuan penguasaan berbahasa Jepang dan tingkat keterampilanyang cocok dengan yang dibutuhkan.

Alasan peserta pemagang di Jepang Kini bisa lanjut tinggal di Jepang

Selama ini peserta magang di Jepang harus mentaati undang undang yang mana sesudah selesai waktu magang merekase mestinya pulang ke Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang merasa bahwa pengalamannya masih kurang dan berkeinginan keberadaan di Jepang di perpanjang.  Namun sesudah April tahun 2019 para peserta magang di jepang bisa bersuka cita karena telah di sepakati antara Indonesia dan jepang mengenai visa SSW atau lebih dikenal tokuteiginou. Sementara itu dari pihak Jepang betul-betul terbantu dengan program pemagangan selama ini, termasuk peserta pemagangan dari Indonesia.

Pemuda dan pemudi yang datang dari Indonesia ke Jepang sebagai peserta magang atau yang sering disebut ginou jisshusei berkontribusi mengisi kekosongan tenaga kerja di Jepang. Program Visa Keterampilan khusus terdiri dari 2 macam jenis visa. Yaitu SSW No.1 (特定技能1号)dan SSW No.2 (特定技能2号). Visa SSW No.1 memungkinkan untuk berprofesi optimal selama 5 tahun. Meskipun No.2 memungkinkan untuk tinggal menetap di Jepang. Meskipun ada 2 visa ssw, cara mendapatkannya harus berjenjang. Pertama mendapatkan visa SSW No.1 dengan durasi tinggal lima tahun kemudian baru bisa berubah ke visa SSW No.2. Dengan kata lain untuk saat ini cuma tersedia visa SSW No.1 saja.

 

 

Peserta Magang di Jepang Kini Bisa Lanjut Tinggal di Jepang

Cara peserta pemagang di Jepang lanjut tinggal di Jepang

Cara mendapatkan visa SSW No.1 bagi pemagang yang masih magang di Jepang sangat gampang, karena bisa di urus ketika mereka masih magang. Saat visa magang habis, peserta magang dapat alih visa menjadi visa SSW. Kontrak kerja pekerja dengan visa SSW ini adalah kontrak secara langsung dengan perusahaan penerima. Oleh karena ituperusahaan penerima mempunyai peran utama untuk menentukan keluarnya visa. Untuk para peserta magang yang sedang bekerja dan belajar di jepang yang ingin lanjut bekerja sebagai pekerja bervisa SSW, disarankan untuk menanyakan keperusahaan apakah mau menerima sebagai karyawan.

Kalau perusahaan bersedia maka perusahaan akan menguruskan pembuatan visa SSW sebelum waktu peserta magang berakhir. Apabila perusahaan kurang mengerti tentang proses pembuatan visa, perusahaantersebut dapat meminta bantuan pada toroku sien kikan(登録支援機関) . Toroku sienkikan adalah lembaga pendamping pekerja bervisa SSW. Fungsinya adalah memberikanjasa konsultasi tentang ketenagakerjaan dan budaya jepang kepada pekerja bervisa SSW. Penyertaan torokusienkikan dalam kontrak kerja antara perusahaan penerima jepang dan tenaga kerja dari luar negeri adalah wajib, karena diatur didalam undang-undang. Jadi persahaan yang menerima karyawan berkebangsaan asing bervisa SSW harus melakukan kerjasama dengan torokusienkikan.

 

Hal yang di persiapkan peserta magang Jepang untuk lanjut tinggal di Jepang

Disaat ini dan kedepan, dengan diberlakukannya visa kerja baru peserta magang yang telah menyelesaikan program pemagangan berkesempatan bekerja di Jepang dengan visa kerjaketerampilan khusus atau dalam bahasa Jepang Tokutei Ginou. Dalam skema visa kerja tokuteiginou hal yang demikian, diharapkan peserta magang yang telah pulang ke Indonesia bisa kembali lagi untuk bekerja di Jepang.Kecuali itu peserta magang jepang yangberada di jepang bisa merubah visanya menjadi visa SSW sehingga bisa diperpanjang keberadaannya di Jepang. Jadi baik itu mahasiswa asing di Jepang maupun yang belum pernah ke Jepang bisa menerima visa ini, tapi semestinya harus terlebih dahulu menguasai keterampilan yang dibutuhkan.

Dikala ini pemerintah yang diwakili kementrian tenaga kerja memang sedang fokus pada proses peningkatan SDM melewati BLK (Balai Latihan Kerja). Pemerintah percaya diri bahwa lulusan BLK mampu bersaing di dunia industri, baik di dalam maupun di luar negeri, termasuk di Jepang. Dengan perkembangan hubungan mengenai tenaga kerja antara dua negara ini, tak mustahil Indonesia akan menyesuaikan kebutuhan sumberdaya manusia dengan cara pelatihan di BLK, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja baik di dalam maupun luar kawasan Indonesia. Di dalam negeri saat ini pemerintah Indonesia memang tengah fokus terhadap program peningkatan kualitas Sumber  Manusia (SDM) sehingga Indonesia percaya diri bisa bekerja sama saling menguntungkan dengan Jepang. Itulah informasi mengenai Peserta magang di Jepang kini bisa lanjut tinggal di Jepang yang harus dipahami agar jisshusei bisa tinggal lebih lama di Jepang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *