program magang di jepang

Program Magang di Jepang, Pahami Programnya Sebelum Mendaftar

Apa itu program magang di Jepang

Program magang di Jepang – Peraturan mengenai pemagangan Jepang dengan peserta orang asing pada awalnya di laksanakan sebagai sistem pendidikan karyawan, dalam bentuk peraturan pemagangan yang lebih sederhana oleh perusahaan luar negeri. Dimana program magang ke Jepang sudah dimulai sejak pertengahan tahun 1960-an di Jepang. Kemudian itu menjadi dasar yang mana kemudian dijadikan dalam bentuk perundang undangan pada tahun 1993.

Maksud dan tujuan program itu sendiri ialah sebagai alat untuk mentransfer keterampilan atau pengetahuan yang telah dikembangkan di Jepang, yang kemudian akan di transfer ke tempat atau negara lain. Selain itu program magang ke Jepang ini menjadi promosi kerja sama internasional. Pada akhirnya berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia.

Di dalam negeri Jepang, maksud sebenarnya dari program magang jepang ini tertulis dalam undan-undang yaitu “ tidak untuk atau sebagai alat pengendalian kebutuhan tenaga kerja”. Isi dari program magang itu sendiri dirancang untuk memungkinkan para peserta magang agar bisa membuat hubungan kerja dengan teknisi dan pemain bisnis di Jepang, sehingga memperoleh keterampilan dan pengetahuan dari mereka tersebut di Jepang, karena hal hal pengetahuan atau keterampilan tersebut sulit didapatkan di negara asal. Kegiatan program magang jepang ini sendiri dilaksanakan dalam jangka waktu maksimasl 5 tahun yang dilakukan berdasarkan rencana program pemagangan.

Bentuk Penerimaan Magang Di Jepang

Program magang Jepang ini mempunyai dua macam bentuk pengiriman peserta magang. Yaitu pengiriman antar perusahaan yang mempunyai induk perusahaan yang sama dan pengiriman dengan pihak ketiga yang befungsi sebagai lemba pengiriman dan lembaga pengawas.

Menurut data dari JITCO (Japan International Training Coorperation Organitation) pada akhir 2016, jumlah perusahaan penerima yang menggunakan program pengiriman antar perusahaan sebesar 3,6%, penerimaan dengan cara menggunakan pihak ketiga adalah 96,4%.

Peserta magang yang datang akan mendapat ijin tinggal sebagai “Peserta magang/ trainee” selama maksimal 5 tahun. Selama peserta magang menjalankan peraturan magang akan mendapatkan hak haknya seperti uang saku magang, cuti libur dan lain lain. Selain itu peserta magang juga harus mentaati peraturan perusahaan dan hukum jepang yang berlaku.

Selama 5 tahun itu mereka akan belajar melalui praktek kerja di perusahaan kecil menengah dijepang. Setelah para peserta magang menyelesaikan program magang jepang sesuai kontrak yang telah ditentukan oleh perusahaan penerima, diharapkan para peserta magang dapat mengimplementasikan apa yang dipelajari di Jepang.

Bagi peminat program magang di Jepang ini, sebelum mengikuti harus mengikuti ujian seleksi yang diselenggarakan pihak pengirim dari depnaker maupun swasta. Supaya lulus tentunya harus mengetahui syarat syarat dan ketentuannya. Kami Magang Jepang.Net membantu anda untuk mempersiapkan anda untuk bisa lolos seleksi perekrutan, dan memandu sampai anda berangkat ke Jepang. Bagi yang berminat silakan cek informasi detail tentang Magang Jepang.Net

2 komentar untuk “Program Magang di Jepang, Pahami Programnya Sebelum Mendaftar”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *