Suka Duka Kenshusei Selama Berada Di Jepang

Suka Duka Kenshusei Selama Berada Di Jepang

Tak sedikit warga Indonesia yang ingin magang ke Jepang, namun bukanlah hal yang mudah untuk lolos ke sana. Ada syarat ketentuan dan berbagai macam tahapan tes yang harus di lalui dengan baik. Selain itu ketika sudah lolos dan berhasil magang ke Jepang pun tak seindah dan seenak yang dibayangkan, namun juga tak seburuk apa yang diceritakan orang. Banyak suka duka yang terjadi selama menjalani menjadi kenshusei di Jepang.

Bagi para calon kenshusei yang ingin mencari tahu suka duka magang dan menetap di Jepang, kali ini akan penulis berikan gambarannya. Dilihat dari segi fasilitas apa saja yang akan diperoleh para kenshusei ketika bekerja di Jepang. Pada setiap perusahaan penerima kenshusei biasanya memiliki kebijakan yang berbeda terhadap fasilitas yang diberikan, akan tetapi kurang lebih inilah yang akan diperoleh para kenshusei ditempatnya bekerja:

1. Gaji

Bukan rahasia umum lagi bahwa upah minimum di Jepang adalah termasuk yang tertinggi di wilayah Asia. Nah, hal yang menyenangkan selama menjadi kenshusei di Jepang yaitu para kenshusei juga mempunyai hak yang sama atas upah selama bekerja di Negeri Sakura ini. Jadi kenshusei di Jepang tak hanya berhak mendapatkan uang makan dan transport saja melainkan juga berhak mendapatkan gaji pokok dari perusahaan penerimanya.

Besaran gaji yang didapatkan pun bisa beragam, namun kira-kira kenshusei akan mendapatkan gaji antara 90.000 yen hingga 120.000 yen perbulannya, atau jika di Rupiah kira-kira sekitar Rp 10.800.000 hingga Rp 14.400.000 (tergantung kurs pada saat itu).

Gaji yang diterima ini belum termasuk upah lembur, apabila kenshusei rajin melaksanakan lembur dan dapat hidup dengan prihatin selama menetap di Jepang, bisa jadi besaran pendapatan yang diperoleh lebih dari gaji tadi.

Namun jangan terlena dengan nominal gaji yang menggiurkan, Jepang terkenal sebagai negara mahal. Inilah bagian yang tidak enak dari hidup di Jepang. Biaya hidup disana tergolong mahal karena harga-harga kebutuhan disana juga dijual dengan harga yang mahal.

Jika kenshusei tidak pandai mengatur keuangan dan tidak bisa hidup prihatin maka gaji tersebut bisa habis dalam waktu sekejap saja. Jadi semua dikembalikan kepada diri kenshusei masing-masing.

2. Asuransi

Selama melaksanakan program magang di Jepang, selain mendapatkan gaji pokok plus insentif apabila melaksanakan lembur, setiap kenshusei juga dilindungi oleh asuransi. Asuransinya meliputi asuransi kesehatan, kecelakaan kerja, pensiun, hingga kematian. Ini jugalah yang menyenangkan dari magang ke Jepang, karena perusahaan-perusahaan di Jepang sangat peduli dengan para pegawainya.

3. Fasilitas lain

Fasilitas lain yang bakal didapat oleh para kenshusei yaitu apartemen. Biasanya perusahaan-perusahaan penerima akan menyediakan apartemen untuk kenshusei. Apartemennya lengkap dengan segala fasilitas sesuai standar kehidupan di Jepang. Ada pula perusahaan yang memberikan pinjaman sepeda kepada kenshusei suapaya bisa digunakan sebagai alat transportasi untuk ke tempat kerja.

Selain itu yang lebih menyenangkan lagi adalah ketika kenshusei telah selesai masa kontrak/magang, kenshusei juga akan mendapatkan tiket untuk pulang kembali ke Indonesia secara gratis, ditambah pesangon yang jumlahnya dapat berbeda-beda biasanya berkisar antara kurang lebih 400.000 yen hingga 600.000 yen.

4. Kesempatan Menikmati Wisata Di Jepang

Tak hanya pendapatan yang akan diterima saja yang membuat senang kenshusei selama magang dan menetap di Jepang. Selain hal itu tadi, selama berada di Jepang kenshusei bisa mendapatkan pengalaman berwisata di Jepang. Kesempatan untuk melakukan wisata mengeksplorasi Jepang bisa dilakukan selama menjadi kenshusei. Banyak tempat-tempat wisata yang indah di Jepang dan juga acara-acara festival yang dapat diikuti oleh kenshusei.

Kenshusei dapat memanfaatkan momen-momen libur kerja untuk menjelajah Jepang. Apa lagi transportasi di Jepang sangat lengkap, mudah dijumpai dan terkenal tepat waktu. Jadi kenshusei bisa memanfaatkan transportasi umum untuk menuju ketempat tujuan.

Namun jika ingin berwisata belanja sebaiknya kenshusei memilih toko-toko yang menjual barang dagangannya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko lainnya. Hal ini supaya uang kenshusei tidak over budget selama berwisata.

Demikianlah tadi suka duka menjadi kensushei jika dilihat dari segi gaji atau pendapatan selama magang dan menetap di Jepang.  Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *