Fasilitas Yang Didapatkan Oleh Peserta Magang Jepang

Fasilitas Yang Didapatkan Oleh Peserta Magang Jepang

Peserta Magang Jepang – Berbicara mengenai program magang di Jepang, sebagian besar orang banyak yang tidak tahu dan tidak paham mengenai magang ke Jepang. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa magang ke Jepang itu sama halnya dengan bekerja menjadi TKI di luar negeri.

 

Perbedaan TKI dan Peserta Magang Jepang

Mereka juga memiliki anggapan bahwa pekerjaan itu kurang atau bahkan tidak bergengsi dan pada akhirnya dipandang sebelah mata. Perlu digaris bawahi bahwa magang ke Jepang itu TIDAK SAMA dengan kerja berstatus sebagai TKI yang ke Taiwan, Hongkong, Malaysia, Taiwan, Arab atau negara lainnya.

Perbedaannya antara magang ke Jepang dengan TKI yaitu terletak pada gaji, status, perlindungan hukum, keselamatan kerja, dan fasilitas lain yang diberikan. Selain itu perlu Anda ketahui juga bahwa magang ke Jepang itu mempunyai tujuan tertentu seperti mencari dan mempelajari ilmu pengetahuan dan ketrampilan teknik, melatih dan meningkatkan kedisiplinan, sikap, dan etos kerja, juga untuk meningkatkan kesejahteraan peserta magang dan keluarganya.

Fasilitas Peserta Magang Jepang

Selama magang di Jepang, peserta magang akan mendapatkan fasilitas berupa apartemen atau rumah tinggal khusus yang disediakan untuk peserta magang. Di dalamnya biasanya dilengkapi dengan perabot rumah tangga dan peralatan untuk menunjang dan mendukung kehidupan serta kegiatan hari-hari para peserta magang, contonya seperti alat-alat memasak, mesin cuci, AC, pemanas air, kulkas, televisi, juga mendapatkan fasilitas transportasi yaitu sepeda.

Mengenai keselamatan kerjanya, Anda tak perlu cemas ataupun khawatir. Keselamatan kerja di Jepang untuk para pemagang maupun pekerja lain adalah hal yang paling diutamakan oleh perusahaan-perusahaan di Jepang, setiap peserta magang maupun pekerja yang berada di Jepang dilindungi oleh asuransi.

Status magang ke Jepang merupakan sebagai trainee atau pelatihan yang memakan waktu selama 3 tahun, namun ini juga tergantung dengan pilihan peserta yang akan dipekerjakan dan di tempatkan di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, industri manufacture atau pabrik, garment, konstrukruksi, perkapalan dan lain-lainnya.

Peserta yang mengikuti program magang Jepang ini dapat memperoleh gaji hingga 100 ribu yen atau kurang lebih sekitar Rp 10 jutaan, ini tergantung dari jam kerja dan belum termasuk lembur.

Selama magang dan menetap di Jepang selain memperoleh uang saku, Anda dapat menjelajah sembari menikmati keindahan Jepang dengan biaya yang cukup murah, pada hari-hari libur kerja (biasanya Sabtu dan Minggu) para peserta magang dapat jalan-jalan dan berwisata ke berbagai kota dan berbagai tempat wisata yang berada di Jepang.

Fasilitas Umum Yang Bisa Dipakai Peserta Magang Jepang

Di Jepang tersedia sarana transportasi yang dapat dimanfaatkan, transportasi di Jepang terkenal dengan kecanggihannya dan ketepatan waktunya, seperti densha (kereta listrik), chikatetsu (kereta api bawah tanah), shinkansen (kereta api cepat), bus, dan lain sebagainya.

Selain itu di Jepang biasanya banyak diselenggarakan berbagai acara perayaan yang dapat diikuti maupun dinikmati oleh kalangan umum termasuk para peserta magang, seperti festival tahunan Jepang, perayaaan-perayaan atau matsuri.

Jadi selain belajar, berlatih dan bekerja sebagai pemagang pada perusahaan di Jepang, para peserta magang juga akan memiliki tambahan wawasan tentang budaya, kecanggihan teknologi, dan pengalaman lainnya. Oleh karena Anda sebagai peserta magang akan cukup betah selama berada di sana.

Ketika para peserta magang sudah menyelesaikan magang selama 3 tahun, rata-rata mereka akan membawa pulang uang sebanyak kurang lebih Rp 250 juta hingga Rp 400 jutaan, bahkan bisa lebih dari itu. Setelah 3 bulan sejak kepulangannya dari Jepang, peserta magang masih akan menerima “nenkin” yaitu sejenis asuransi atau tunjangan hari tua yang selama magang di Jepang dibayarkan pada tiap bulannya.

Rata-rata peserta magang akan menerima kira-kira sekitar Rp 20 juta hingga Rp 50 jutaan. Tidak hanya itu, banyak perusahaan Jepang di Indonesia yang juga menawarkan wawancara kerja dengan para mantan peserta magang Jepang tersebut.

Itulah tadi fasilitas yang akan didapatkan oleh para peserta magang Jepang berikut dengan kelebihan dan keuntungannya menjadi peserta magang Jepang. Jadi Anda tak perlu ragu lagi apabila ingin mendaftar sebagai calon peserta magang ke Jepang. Semoga artikel bermanfaat! Untuk lebih tahu apa itu program magang ke Jepang silakan cek link dibawah:

Magang Jepang.Net

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *