jadwal seleksi magang jepang 2020

Jadwal Seleksi Magang Jepang 2020, Persiapkan Dirimu

Jadwal seleksi magang jepang-Menurut pengumunan kemenaker bahwa tahun 2020 salah satunya akan diselenggarakan di kabupaten Sragen. Untuk mencontoh seleksi dan lulus perlu di persiapkan secara matang. Ialah dengan metode memahami alur dan isi dari percobaan seleksi Magang di Jepang yang akan diadakan di Sragen.  Simak pengumuman sah yang dikeluarkan oleh kemenaker seputar jadwal perekrutan magang di Jepang yang akan diselenggaranan di Sragen pada bulan juli 2020 di bagian akhir artikel ini.

Mengenal alur Pemagang di Jepang

Sebelum dapat kerja magang di Jepang, seorang calon pelamar dapat mencari kabar lowongan magang dan jadwal seleksi magang jepang melewati Disnakertrans ataupun institusi yang berwajib untuk melaksanakan seleksi kerja magang di Jepang.
Jadi ingat, tak segala institusi betul-betul dapat memberangkatkan seseorang untuk menjadi pegawai magang di Jepang walau mereka menjanjikan akan memberangkatkan sesudah belajar bahasa Jepang di daerah hal yang demikian. Jadi langkah pertama yang dapat dijalankan sesudah mencari lowongan kerja magang, yaitu memutuskan kredibilitas institusi hal yang demikian.
Caranya dapat dengan mengecek kesahihan SK Ijin Penyelenggaraan Pemagangan Luar Negeri milik institusi hal yang demikian, ataupun dengan minta kontrak kerja antara pihak institusi dengan institusi lain yang berwajib mengirim peserta magang ke luar negeri (lebih dikenal Sending Organization/SO).
Adapun prasyarat yang diperlukan dari calon pegawai magang bisa bervariasi, tergantung tipe profesi yang ditawarkan oleh Accepting Organization (AO), yang yaitu perusahaan penerima energi kerja di Jepang. Untuk tipe profesi, lowongan untuk calon pekerja laki-laki dan perempuan dapat berbeda jauh.
Bidang kerja yang memerlukan energi laki-laki umumnya bergerak di bidang otomotif, pengecatan, mesin bubut, dan profesi yang terkait dengan industri dan pabrik. Untuk perempuan, umumnya yang diperlukan yaitu pegawai di bidang agrobisnis, garmen, peternakan, ataupun industri plastik.

Setelah mengetahui jadwal seleksi magang di Jepang, syaratnya apa?

Untuk mencontoh ini perlu dikenal prasyarat formal dan non formal. Kurang lebih berikut sebagian prasyarat lazim untuk melamar jadi pegawai magang:

1. Pengajaran minimal SMA/SMK/STM. Lebih bagus lagi seandainya pengajaran D3 ataupun S1. Untuk jurusannya, tergantung keperluan yang dipinta oleh AO. Lazimnya yang diperlukan yaitu mereka yang berlatar belakang teknik, pertanian, komputer, perkapalan, ataupun Sastra Jepang.
2. Untuk umur, rata-rata mendapatkan pelamar yang berumur antara 19-27 tahun. Ada juga yang mendapatkan umur minimal 20 tahun.
3. Tinggi badan minimal 160 cm (bagi laki-laki) dan 150 cm (bagi perempuan). berat badan porposional.
4. Sehat jasmaniah dan rohani. Untuk jasmaniah, diinginkan tak mempunyai riwayat penyakit dalam (seperti asma, jantung, kanker, diabetes, dan sebagainya), mempunyai perawakan badan yang tegak, dan tak mempunyai cacat jasmaniah (seperti kaki wujud O, luka bakar, tuli, bercermin mata, dan sejenisnya). Satu lagi, calon pegawai magang juga sebaiknya tak mempunyai tato sebab di Jepang tato belum diterima secara luas.
5. Bersedia mencontoh pelatihan yang diharuskan oleh SO.

Kecuali prasyarat di atas, ada sebagian dokumen yang wajib disiapkan oleh calon pegawai magang. Prasyarat administrasi hal yang demikian dapat bervariasi antar SO, tetapi umumnya inilah sebagian dokumen yang biasanya diperlukan:

1. Surat Keterangan Berkelakuan Bagus (SKKB) yang dikeluarkan oleh Kepolisian. Surat hal yang demikian wajib menyertakan tujuan pembuatannya, ialah untuk mencontoh program kerja magang di Jepang.
2. Surat keterangan dokter yang mengucapkan calon pegawai magang kapabel mencontoh semua rangkaian seleksi, dengan keterangan untuk mencontoh kesibukan seleksi pegawai magang ke Jepang.
3. Foto kopi sebagian dokumen penting seperti KTP (masa berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan yang ditargetkan), Kartu Keluarga (yang pantas dengan domisili KTP), Kartu Kuning, Akte Kelahiran, dan sebagainya.
4. Tepat foto terupdate. Lazimnya ukuran yang dipinta antara ukuran 4×6 cm dan 3×4 cm.
5. Membikin surat lamaran yang dilengkapi dengan materai. Surat lain yang dipinta, yaitu surat pernyataan bersedia mencontoh semua level program seleksi kerja magang di Jepang.
6. Surat ijin dari orang tua/wali/istri (dilengkapi materai) untuk mencontoh seleksi program magang ke Jepang. Untuk surat ijin dari istri, wajib dilengkapi dengan foto kopi akte nikah.
7. Fotokopi bermacam ijazah yang telah dilegalisir.
8. Perlu dilihat juga, adakalanya ada juga institusi yang meminta akta latihan kerja sejumlah jam tertentu (umumnya berkisar antara 220 jam).

Urutan dari pendaftaran sampai berangkat magang di Jepang

Uraian di atas adalah pembahasan mengenai prasyaratan yang dibutuhkan ketika mengikuti seleksi magang di Jepang. Untuk urutan progresnya, kurang lebih gambarannya yaitu sebagai berikut:
1. Registrasi
Lowongan magang ke Jepang rata-rata dibuka pada jangka waktu tertentu saja. Isu lowongan kerja hal yang demikian tersedia di Depnakertrans ataupun sending organization. Untuk lowongan yang dijalankan oleh pemerintah, sebaiknya calon pelamar datang segera untuk mengisi formulir dan menerima nomor test. Padahal untuk lowongan yang dibuka oleh pihak swasta (alias non pemerintah), umumnya cukup dengan mengajukan lamaran melewati surat elektronik ataupun pos.
2. Seleksi administrasi
Pada tahap ini, panitia akan menyeleksi prasyarat administrasi yang sudah diajukan oleh calon pegawai magang. Apabila lulus, baru dapat maju ke tahap selanjutnya.
3. Percobaan lain yang dibutuhkan
Untuk institusi pemerintah, umumnya sesudah seleksi administrasi, dijalankan sebagian percobaan lainnya seperti percobaan matematika, bahasa, dan sebagainya. Padahal untuk institusi swasta, sesudah lolos dari seleksi administrasi, peserta diharuskan untuk mencontoh serangkaian pengajaran/training sebagai persiapan kerja magang. Materi pengajaran hal yang demikian mencakup pelatihan bahasa Jepang, latihan jasmaniah, matematika, sampai pengenalan akan kultur Jepang. Kadang-kadang ada juga pihak penyelenggara seleksi yang menambahkan seleksi dengan melibatkan user dari Jepang. Formatnya dapat dengan wawancara segera, atau sebatas mengirimkan dokumen ke Jepang. Lazimnya, progres check-up medis juga dijalankan di tahap ini.
4. Persiapan keberangkatan
Sesudah lolos dari tahap-tahap sebelumnya, peserta program magang akan menerima pengajaran dan pelatihan untuk persiapan keberangkatan. Pada tahap ini, peserta magang akan melaksanakan kontrak kerja dengan perusahaan yang diatur.
5. Berangkat untuk mengerjakan kontrak kerja dengan masa kerja 3 tahun.
***
Silakan daftarkan diri anda di LPK bahasa jepang yang khusus mempersiapkan kemampuan untuk bisa lulus seleksi magang di Jepang. Berikut pengumuman dari Kemenaker tentang jadwal seleksi magang Jepang tahun 2020 di kabupaten Sragen:

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [304.72 KB]

 

1 komentar untuk “Jadwal Seleksi Magang Jepang 2020, Persiapkan Dirimu”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *