Mau Magang Di Jepang? Cek Dulu Biayanya Disini

Mau Tau Biaya Magang Di Jepang? Cek Dulu Biayanya Disini

Tentang Biaya Magang di Jepang

Biaya Magang Di Jepang – Mencari pekerjaan kini memang tidak mudah, atau begitu mungkin yang kebanyakan dikeluhkan oleh banyak orang. Namun hal ini tidak berlaku bagi kita yang memang memiliki pengalaman atau keterampilan di bidang tertentu. Apalagi jika Anda memiliki sertifikat keahlian khusus, hal ini akan lebih memudhakan jalan Anda dalam mencari pekerjaan.

Sulitnya mendapat pekerjaan di Indonesia saat ini membuat tidak sedikit orang yang kemudian terpikirkan untuk menjadi tenaga kerja Indonesia di Luar negeri. Hal ini bukan tanpa sebab, mengingat dengan terbatasnya lapangan pekerjaan di dalam negeri, atau guna mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi, orang rela berjauhan dengan keluarga di rumah dengan menjadi pekerja di luar negeri.

Hal ini bukan masalah karena selain fee yang pastinya lebih tinggi ketimbang di dalam negeri, menjadi pekerja di luar negeri juga banyak dipilih oleh mereka yang ingin ”jalan-jalan” ke luar negeri dengan tetap mendapatkan hasil berupa gaji.

Seperti yang kita ketahui bahwa mencari pekerjaan did alam negeri saja sebegitu sulitnya apalagi di luar negeri? Jangan salah, memang seleksi yang diberikan terbilang cukup ketat, namun, kita bisa mengusahakannya seperti mengikuti training atau pelatihan atau magang terlebih dahulu di luar negeri. Salah satu negara yang kerap menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam hal magang adalah Jepang.

Untuk dapat mengikuti program magang di Jepang ini seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya disini, kita perlu melengkapi serangkaian dokumen dan memenuhi beberapa persyaratan sebelum akhirnya diikutsertakan untuk training yang kemudian diperbolehkan magang di perusahaan-perusahaan di Jepang.

Nah perludiketahui bahwa di awal, kita belum tercover biaya bantuan, jadi semua pembiayaan mulai dari awal proses seleksi merupakan biaya kita pribadi.

Anda penasaran berapa biaya yang kira-kira akan kita keluarkan selama proses mengikuti seleksi hingga akhirnya diberangkatkan untuk magang di perusahaan-perusahaan di Jepang? Berikut gambaran singkatnya:

Seperti yang kita ketahui bahwa segala biaya akomodasi dan konsumsi kita selama proses pendaftaran hingga seleksi selesai merupakan biaya kita pribadi.  Kita akan mengikuti serangkaian tes yang berakhir pada tes kesehatan sebelum akhirnya dikirim untuk training dan akhirnya diberangkatkan.

Rincian Biaya Magang di Jepang

Nah ada baiknya, sebelum kita mulai mendaftar, cek dulu kesehatan Anda, agar tidak terlanjur membuang banyak biaya magang di jepang di awal namun tidak dapat lanjut karena masalah kesehatan. Baiknya untuk melakukan cek kesehatan full / general check up sebelum mendaftar agar kita tahu persis bagaimana kondisi tubuh, apakah ada penyakit yang sekiranya mengganggu atau tidak.

Estimasi biaya di bawah ini baru merupakan gambaran, besar kemungkinan ada perubahan bergantung pada gaya hidup Anda. Berikut estimasi biaya yang ditanggung oleh peserta program Magang ke Jepang pada saat seleksi hingga pemberangkatan:

KeperluanEstimasi biaya
1. Biaya untuk mengurus berkas persyaratanRp. 500.000
2. Biaya  pelatihan atau diklat di LPK yang meliputi: diklat Bahasa, alat tulis, dan modulRp. 3.500.000
3. kos dan makan selama diklatRp. 1.000.000
4. transport dan medical check up IRp. 2.000.000
5. Pembuatan passport, rekening bank, asuransi, dllRp. 2.500.000
6. Biaya persiapan bekal dan perlengkapan berangkat (uang saku dan belanja pakaian)Rp. 5.500.000
TOTAL BIAYARp. 15.000.000

Sekali lagi, biaya di atas baru merupakan estimasi biaya yang tidak fix. Semua bergantung kondisi Anda dan bagaimana Anda mengatur keuangan, namun gambaran sekilasnya biaya yang akan kita keluarkan adalah sekitar itu. Satu hal yang perlu Anda tahu bahwa dalam proses seleksi tidak ada biaya alias gratis. Biaya-biaya di atas merupakan biaya akomodasi dan transportasi yang mungkin adna butuhkan selama menjalankan proses seleksi.

Untuk dapat diterima dalam seleksi magang di jepang ini memang tidak lah mudah, namun jangan takut untuk mencoba karena siapa tahu itu bisa menjadi jalan bagi masadepan Anda.

Satu hal yang perlu diingat adalah sebelum mulai serangkaian proses seleksi, ada baiknya kita melakukan cek kesehatan full terlebih dahulu yang melingkupi tes mata, tes kesehatan keseluruhan, tes paru-paru, jantung dan semua yang sekiranya akan menjadi bahan pertimbangan karena jangan sampai setelah kita mengeluarkan uang dalam jumlah yangbesar kita baru terdeteksi menderita penyakit yang membuat kita tidak eligible untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Apakah Sebanding Biaya Magang di Jepang Sebanding Dengan Gajinya?

Melihat gambaran biaya magang di jepang yang cukup besar di atas, anda mungkin khawatir apakah hal ini sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan disana? Dengan kontrak magang selama 2-3 tahun sepertinya dirasa cukup sebanding dengan biaya yang kita keluarkan.

Tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk mengetahui bahwa selain keuntungan materiil juga kita akan mendapatkan keuntungan non materiil macam pengalaman dan ilmu yang tentunya tidak akan kita dapatkan secara sama ditempat lain.

Selain itu, dengan mengikuti program ini kita juga mendapatkan keterampilan tambahan yakni keterampilan berbahasa Jepang yang kini banyak dibutuhkan tidak hanya pada program magang yang akan Anda jalani namun juga pada perusahan-peruasahana multinasional lain yang kini banyak membutuhkan karyawan yang bisa berbahasa Jepang. Hal ini dapat Anda manfaatkan sepulang dari program magang setelah kontrak magang selesai.

Biaya magang di Jepang ini dirasa sebanding dengan apa yang nantinya akan kita dapatkan. Harapannya, setelah mengikuti program magang ini kita bisa membuka peluang usaha baru atau at least mendapat pekerjaan baru di dalam negeri dengan mengaplikasikan ilmu yang kita dapatkan dari perusahaan tempat kita magang di Jepang.

Memang tahapan yang akan Anda lalui tidak sebentar dan tidak sedikit, namun dengan berusaha sungguh-sungguh asal ada tekad yang kuat untuk mencoba bukan tidak mungkin anda lulus dan mengikuti program magang menarik ini.

Banyak pesaing yang juga bersungguh-sungguh dalam menjalani serangkaian proses seleksi atau bahkan sudah melakukan persiapan matang sebelum seleksi sehingga bukan menjadi alasan bagi Anda untuk berhenti berjuang hanya karena melihat estimasi biaya yang tidak sedikit. Biaya masih dapat dicari bukan? Jangan sampai hal ini mengganggu motivasi anda untuk maju dan berkembang. Siapa tahu dari jalan ini bisa membuka jalan rejeki lain yang tidak kita sangka sebelumya.

Program magang di Jepang ini memang cukup menarik dan menggiurkan apalagi jika melihat kesempatan lain seperti bisa berjalan-jalan atau kerja sambil vacation disana. Tentu penawaran yang sangat menarik bukan?

Itu tadi beberapa gambaran mengenai biaya program magang di Jepang yang semoga bisa memberikan sedikit informasi untuk Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabugn di program ini jangan ragu untuk langsung saja cari informasinya di depnaker wilayah Anda karena biasanya, program ini dibuka di akhir bulan April hingga awal bulan Mei..Atau langsung saja hubungi magang jepang.Net. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *