Mau Magang di Jepang? Cek Info Pemagangan Jepang IMM Disini

Mau Magang di Jepang? Cek Info Pemagangan Jepang IMM Disini

Pemagangan Jepang IMM – Mencari pekerjaan yang sesuai dengan harapan kini memang dapat dibilang cukup sulit. Ada banyak lapangan pekerjaan, namun terkadang tidak sesuai dengan pengalaman dan background pendidikan yang kita tempuh, atau terkadang sudah mendaftar tapi entah kenapa tetap sepi panggilan.

Nah hal ini tak jarang membuat kita menjadi kurang antusias mendaftar lagi ya. Lalu terpikirkan untuk mencari peluang lain selain di dalam negeri. Nah bagi Anda yang sedang mencari peluang baru tetapi belum tahu where to apply, Anda bisa coba mendaftar program magang di Jepang.

Program magang ini memungkinkan kita untuk menjalani magang di perusahaan-perusahaan besar di Jepang. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh dari join program pemagangan ini. Selain mendapatkan keterampilan dan pengalaman, kita juga dapat bekerja sambil vacation lho.

Menarik bukan? Nah program pemagangan ini memang dibuka setiap tahunnya sebagai wujud bentuk kerjasama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang, dalam hal ini IM Jepang.

Bagi Anda yang belum mengetahui, IMM merupakan singkatan dari ingkatan dari (Yayasan) International Manpower Development Organization. Sebuah yayasan yang mengelola pembinaan SDM serta pertukaran tenaga teknik dari Indonesia ke Jepang dengan tujuan mengembangkan perusahaan kecil dan menengah Jepang serta sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia.

Tes Pemagangan Jepang  Yang Harus Dilalui

Nah bagi Anda yang tertarik untuk mencoba peruntungan magang di perusahaan-perusahaan besar di Jepang, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa tahapan seleksi yang perlu Anda lewati sebelum akhirnya bisa sampai diberangkatkan ke Jepang dan magang di Perusahaan-perusahaan besar disana. Beberapa tahapan yang harus Anda lewati sebelum akhirnya dinyatakan lolos program pemagangan IMM di antaranya:

  1. Seleksi Administrasi
    Ini adalah tahapan pertama, langkah awal anda untuk bisa bergabugn dengan program pemagangan IMM. Setelah melengkapi berkas dan dokumen yang dipersyaratkan, data anda akan diteliti, kaitannya dengan kelengkapan berkas, apakah sudah lengkap, apakah sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan atau belum.
  2. Kesemaptaan
    jika anda dinilai lolos dokumen persyaratan yang diminta, tahapan selanjutnya adalah tes kesemaptaan. Kesemaptaan ini meliputi pemeriksaan tubuh meliputi tinggi badan, berat badan, apakah ada bekas tindik atau tato, dll. Dalam tahapan ini juga masih berlaku sistem gugur.
  3. Ketahanan Fisik

Dalam seleksi ini kita akan dinilai seberapa kuatkah tubuh kita dengan jalan:

– Lari : 3 Km selama 15 menit non stop
– Push up : 35 kali
– Sit up : 25 kali

  1. Tes Bahasa Jepang

Mengerjakan Soal-Soal Bahasa Jepang seputar hiragana, katakana, kanji dasar, dll. Tahapan tes bahasa jepang ini dilakukan setelah Anda dinyatakan lulus seleksi kesemaptaan dan ketahanan fisik.

  1. Tes Matematika Dasar

Dalam tahapan selanjutnya Anda diminta untuk mengerjakan beberapa soal matematika dasar yang dibatasi oleh waktu mengerjakan selama beberapa menit. Dalam tes ini konsentrasi anda benar-benar diuji kerena kita dituntut untuk mengerjakan beberapa soal dengan waktu yang terbilang cukup singkat.

  1. Wawancara
    Dalam tahapan selanjutnya kita akan diwawancarai kaitannya tentang kepribadian, wawasan, kemampuan berkomunikasi, informasi mengenai program, performance dll. Usahakan untuk mempelajari sebelumnya informasi terkait program pemagangan ke Jepang IMM ini sebelum masuk ke ruang wawancara. Jangan lupa untuk selalu mengedepankan manner dan jadi diri sendiri.
  2. Kesehatan (Medical Check Up)

Tahapan yang mennetukan yakni tes kesehatan atau medical check up yang meliputi: pemeriksaan darah, urine, mata, feses, paru-paru, Narkoba, HIV/AIDS, lengkap. Nanti, sebelum akhirnya Anda diberangkatkan akan ada tes medical check up lagi, yakni medical check up tahap II.

Nah dalam menjalankan tahapan tersebut kita masih belum dibiayai oleh pemerintah, oleh karenanya, sebelummendaftar, pastikan bahwa Anda memang berbadan sehat dan mampu mengikuti serangkaian tahapan seleksi.

Hal yang tidakjarang terjadi adalah ketika sudah mengeluarkan modal dan biaya yang cukup banyak untuk akomodasi dan transportasi selama proses seleksi berlangsung namun when it comes to medical check up dinyatakan tidak lolos, tentu hal ini mengecewakan bukan. Oleh karenanya, satu tips yang bisa dicoba adalah cobalah untuk melakukan medical check up terlebih dahulu sebelum memutuskan mendaftar. Hal ini bertujuan untuk menghindari terlambat diagnosa.

Berbicara soal program pemagangan di Jepang IMM, seperti yang sudah kita bahasa di artikel sebelumnya disini, untuk dapat mengikuti program ini ada beberapa persyaratan wajib yang tidak dapat digoyang lagi yakni; calon peserta haruslah WNI, laki-laki dan berasal dari jurusan teknik atau non teknik dengan sertifikat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan pernah mengikuti training keterampilan atau memang sudah pernah bekerja di bidang-bidang yang dipersyaratkan selama kurang lebih dua tahun. Syarat lengkapnya sudah pernah kita bahas sebelumnya disini.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program pemagangan Jepang IMM ini jangan ragu untuk langsung saja cek website IMM terkait persyaratan dan dokumen yang perlu dilengkapi karena biasanya, program pemagangan Jepang IMM ini dibuka pada bulan-bulan April-Mei. Untuk persyaratan yang diminta memang terbilang cukup banyak namun jangan khawatir, siapa tahu itu merupakan jalan rejeki Anda.

Ada beberapa tips untuk mengikuti seleksi program pemagangan Jepang IMM ini seperti:

  1. Ceklis dokumen persyaratan yang sudah dilengkapi, hal ini untuk menghindari adanya dokumen yang terlewat atau belum di urus. Dengan men-check list dokumen kita juga dapat lebih mudah mengetahui dokumen mana yang masih belum dilengkapi.
  2. Pastikan Anda memenuhi seluruh persyaratan yang diminta seperti berasal dari jurusan teknik atau non teknik dengan ketentuan yang diminta oleh penyelenggara.
  3. Cek kesehatan sebelum tes kesehatan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa mengetahui kondisi kesehatan anda di awal akan memberikan Anda keuntungan tersendiri tentunya.
  4. Kesanggupan untuk membayar biaya akomodasi dan transport perlu menjadi pertimbangan juga, bagaimanapun, persiapan dana itu perlu.
  5. Memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk berlatih ketahanan fisik. Fisik yang jarang diajak olahraga akan cukup kesulitan dalam menghadapi tantangan tes ketahanan fisik yang diberikan, oleh karenanya, jika memang Anda bersikeras untuk mengikuti program ini, anda juga perlu bersikeras dalam melatih tubuh Anda.
  6. Sedikit-sedikit pelajari hiragana katakana dan kanji. Hal ini akan memudahkan Anda nantinya, apalagi jika Anda akhirnya dapat diterima dan mengikuti pemagangan di Jepang.

Itu tadi sedikit gambaran dan informasi mengenai program pemagangan IMM Jepang. Untuk ketentuan, persyaratan dan teknis pelaksanaannya silahkan kunjungi website resmi milik IMM atau dinas ketenagakerjaan wilayan Anda. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda terkait pemagangan Jepang IMM ya! Yang perlu kita ingat adalah, semangat dan doa bisa mengalahkan segalanya, jadi jangan pernah berputus asa. Untuk persiapan seleksi pemagangan jepang IMM anda dapat mendaftarkan di Magang Jepang.Net yang akan memberikan pelatihan untuk lolos seleksi pemagangan Jepang IMM. Informasi lain tentang pemagangan Jepang dapat di cek di link dibawah ini:

https://magangjepang.net/mengerti-apa-itu-program-magang-di-jepang-sebelum-mendaftar/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.