Transfer Uang Dari Jepang ke Indonesia

Cara Murah Transfer Uang Dari Jepang ke Indonesia

Transfer uang dari Jepang ke Indonesia– Dalam meminimalisir biaya pengiriman ada hal hal yang perlu diketahui. Karena dengan mengetahui hal hal tersebut kita dapat memilih penyedia jasa transfer uang dari Jepang ke Indonesia yang tercepat dan termurah. Dengan begitu para pekerja dan pemagang di Jepang dapat menyimpan uang yang seharusnya dikeluarkan untuk biaya pengiriman uang ke Indonesia. Berikut adalah hal hal yang perlu diketahui:

Sistem Mengirim Uang dari Jepang ke Luar Negeri

Jika anda adalah orang asing yang tinggal di Jepang seperti pekerja dan pemagang maupun mahasiswa, akan ada saatnya Anda perlu mengirim uang dari Jepang. Mengenai informasi ini tak senantiasa gampang untuk dicari tahu. Berkat teknologi perbankan yang lebih canggih di era ini, kini kita mempunyai lebih banyak pilihan untuk mengirim uang ke luar negeri terutama Indonesia, beginilah caranya.

Sistem Konvensional: Transfer Uang dari Rekening Bank Jepang

Mentransfer uang ke luar negeri dari bank resmi di Jepang merupakan hal yang betul-betul awam di masyarakat, namun dengan cara ini perlu diingat bahwa tarif dan syarat tiap-tiap bank mungkin akan berbeda-beda. Sebagian bank mungkin cuma bisa mengirim ke negara tertentu, dan sebagian bank juga mungkin membutuhkan prosedur lain seperti membuka rekening baru dan yang lainnya yang cuma akan Anda pakai untuk transfer ke luar negeri. Tarif transfer lazimnya tergantung pada bank masing masing, dan seringkali biayanya akan sedikit lebih mahal dibanding pilihan lain yang akan aku sebutkan di bawah ini.

Biaya dasar diawali dari 3.000 Yen ke atas. Disini tergantung besar uang yang akan dikirim ke Indonesia. Selain itu anda akan berhadapan dengan staf di bank-bank Jepang jarang menggunakan Bahasa Inggris saat proses pengiriman, sehingga prosedur pengiriman uang menggunakan bank resmi di Jepang ini cuma dianjurkan bagi Anda yang mempunyai kemampuan bahasa Jepang yang bagus.

Selain bank resmi di Jepang, transfer dari jepang ke Indonesia dapat dilakukan di Japan Post. Japan Post, salah satu bank Jepang yang cukup dikenal yang menawarkan metode yang cukup relatif murah untuk mentransfer uang dari Jepang (mulai dari 2.500 yen). Salah satu profit memilih prosedur pengiriman ini adalah Japan Post gampang ditemukan di mana-mana karena bank ini mempunyai banyak cabang di Jepang. Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih jikalau Anda mau mengirim uang ke Indonesia:

  1. Kirim uang berbentuk fisik: ini berarti uang akan diterima dalam amplop oleh penerima (dalam mata uang penerima)
  2. Kirim uang dengan transfer elektronik: ini berarti uang akan di transfer ke rekening bank Indonesia (dalam mata uang penerima). Anda bisa melakukan ini dengan menyetor uang tunai secara langsung ke staf bank atau memberi tahu mereka untuk dikirimkan ke negara tujuan dalam hal ini negara Indonesia.

Alternatif Lain Transfer Uang Dari Jepang ke Indonesia Dengan Layanan Paypal Atau Western Union

PayPal dan Western Union merupakan layanan pengiriman uang yang paling tenar dan banyak digunakan bagi banyak orang asing. Tetapi tidaklah gampang membuat akun Paypal di Jepang. Perlunya verifikasi data pribadi dan itu memakan waktu yang cukup lama. Lebih dari itu bagi saudara kita yang mau kita kirimi di daerah di Indonesia belum tentu mengetahui sistem dan penggunaan paypal. Sehingga itu menjadi penyebab kenapa paypal jarang digunakan untuk pengiriman uang dengan tujuan kebutuhan keluarga.

Western Union, sebagai pilihan lain, sudah menjalin kerjasama dengan layanan konbini seperti: Seven-Eleven dan Family Mart dan lain lain, yang mana memberikan pilihan kemudahan untuk pentransferan uang dari Jepang ke Indonesia.

Hal pertama yang dikerjakan untuk menggunakan layanan ini adalah “meregistrasikan akun” . Anda dapat melakukan pembuatan akun dengan panduan dalam Bahasa Inggris di Seven-Eleven dan Family Mart dalam Bahasa Jepang. Namun perlu dicermati kurs mata uang dari yen ke rupiah. Terkadang kurs yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. Sehingga perlu kita membandingkan dengan layanan yang lain sebelum mentransfer uang dari jepang ke Indonesia. Tidak hanya itu penerima harus datang ke Western Union yang ada di Indonesia untuk mengambil uangnya. Karena Western Union telah bekerja sama dengan kantor pos maupun Pegadaian, sehingga anda perlu datang di hari kerja dan di jam operasional. Apabila penerima membutuhkan uang dengan cepat cara transfer uang dari Jepang ke Indonesia ini tidaklah efektif.

 

Cara Transfer Uang Ke Indonesia Praktis: Layanan Pengiriman Uang Khusus

Ada demikian itu banyak layanan pengiriman uang baru dan cukup diandalkan di Jepang, yang ramah bagi orang asing (lazimnya mempunyai banyak opsi bahasa di web situs mereka) dan gampang dipakai. Sebagian semisal merupakan: DCOM, SBI Remit, Brastel Remit, KYODAI Remit, dan GoRemit (layanan di bawah Shinsei Bank) dan lainnya. Dari diantara Layanan itu Para pekerja dan pemagang di Jepang banyak yang menggunakan layanan transfer uang DCOM. Alasan banyak yang menggunakan layanan tersebut yaitu: 1. Biaya pengiriman murah. 2. Kurs tukar dari Yen ke rupiah sangat baik. 3. Bisa mengirim uang menggunakan mesin ATM Japan Post yang sangat mudah di Jangkau di seluruh Jepang. 4. Bisa transfer menggunakan Aplikasi di HP.

Untuk menggunakan layanan DCOM, hal yang harus dilakukan untuk pertama kali ialah mendaftar menjadi member dengan WA. Cukup mengklik disini maka anda akan terhubung dengan operator. Setelah terhubung masukan kata “daftar DCOM” maka operator akan segera langsung mendaftarkan anda. Bisa juga langsung mendaftar ke Websitenya langsung, atau datang langsung ke kantornya disini.

Setelah anda mendaftar, seminggu kemudian akan ada paketan yang datang berupa kartu remit dan surat yang berisikan username. Didalam amplop paket itu anda bisa temukan 2 kartu remit. Fungsi kartu remit itu berbeda beda, dan anda bisa cek jenis dan fungsinya diartikel bawah:

Baca juga: https://magangjepang.net/tips-memilih-jasa-pengiriman-uang-dari-jepang-ke-indonesia/

Setelah itu anda bisa menggunakan kartu itu untuk transfer uang dari Jepang ke Indonesia melalui ATM Japan Post. Selain pengiriman menggunakan ATM anda juga bisa menggunakan layanan Aplikasi. Dengan aplikasi dari DCOM anda bisa mengirim uang dimana saja dan kapan saja termasuk tengah malam.

 

Kesimpulan

Banyaknya pilihan untuk transfer uang dari Jepang ke Indonesia saat ini berbeda jauh dengan 10 tahun yang lalu. Yang mana saat itu hanya ada pilihan pengiriman fisik dan menggunakan bank resmi Jepang yang membutuhkan waktu lama dan biaya mahal. Sekarang ini dengan adanya layanan pengiriman uang khusus pengirim uang bisa transfer uang dengan singkat dan biaya rendah. Terutama layanan DCOM menjanjikan layanan transfer dengan waktu hanya 10 menit sampai di rekening penerima dengan biaya yang termurah saat ini.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa untuk transfer uang dari Jepang ke Indonesia sangat direkomendasikan menggunakan layanan pengiriman uang khusus. Perlu dicatat juga bahwa harus tetap memilih yang paling murah dan cepat diantara penyedia layanan pengiriman uang khusus itu. Tetaplah bijak menggunakan uang anda!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *