Program Magang ke Jepang Jadi Solusi Lowongan Kerja yang Sempit di Indonesia

Program Magang ke Jepang Jadi Solusi Lowongan Kerja yang Sempit di Indonesia

Program Magang ke Jepang – Pasca lulus dari sekolah ataupun kuliah tentu punya pikiran untuk segera mencari pekerjaan dan mendapatkan uang, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ataupun keperluan lainnya. Namun ternyata setelah lulus hal itu tidak sesuai dengan kenyataan karena mencari pekerjaan itu ternyata tidak mudah, bahkan perlu spesifikasi serta ketentuan yang sangat rumit.

Tak pelak di Indonesia angka pengangguran juga cukup tinggi. Hal tersebut karena perusahaan yang menginginkan pekerja yang memiliki pengalaman tinggi namun tak memberikan pengalaman bagi mereka yang baru lulus dari instansi pendidikan.

Tak jarang kita mencoba untuk melamar kerja di berbagai perusahaan yang diinginkan, atau yang sesuai dengan jurusan dari instansi pendidikan yang sudah kita tempuh. Namun terkadang perusahaan malah menginginkan kita berada di posisi lain yang tidak sesuai dengan gaji yang kita inginkan.

Tapi pernahkah kalian untuk berpikir bisa bekerja di luar negeri dengan gaji yang cukup besar dibandingkan dengan di Indonesia? Tentu saja jalan tersebut ada dan masih ada peluang untuk kalian bisa mencoba pergi bekerja ke luar negeri salah satunya adalah melalui program magang ke Jepang.

Program magang ke Jepang ini adalah salah satu solusi untuk kalian, agar bisa merubah taraf hidup serta mendapatkan penghasilan lebih di negeri orang. Selain itu Kalian juga akan mendapatkan pengalaman baru di luar negeri, serta bisa sekaligus jalan-jalan di negeri Sakura Jepang yang terkenal dengan budaya dan keunikannya.

Program magang ke Jepang ada dua jalur, yang pertama adalah jalur pemerintah dan juga jalur swasta. Jika kalian ingin menempuh jalur yang lebih murah, silakan ambil jalur pemerintah karena program magang ke Jepang ini adalah bentuk kerjasama yang terjalin antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang yang terwujud menjadi IMM Jepang.

Tentu bagi kalian yang baru mendengar program magang ke Jepang ini, masih asing dengan apa yang disebut dengan IMM, IMM itu sendiri merupakan singkatan dari International Manpower Development Organization atau yayasan yang berdiri untuk mengelola di bidang sumber daya manusia serta pembinaan dan pertukaran tenaga teknik dari Indonesia ke Jepang.

Tak lain dan tak bukan tujuannya sendiri untuk pengembangan industri atau perusahaan kecil dan menengah yang ada di Jepang serta untuk menjalin kerjasama antara pemerintah Jepang dan Indonesia.

Sampai di sini jika kalian tertarik untuk mencoba program magang ke Jepang ini kalian nantinya akan ditempatkan di perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah yang ada di Jepang, bahkan jika beruntung kalian akan juga ditempatkan di perusahaan besar tentunya sebelum kalian bisa berangkat ke Jepang kalian harus melalui serangkaian tes serta seleksi yang disediakan oleh program magang ke Jepang ini, untuk bisa diberangkatkan ke negeri Sakura tersebut.

Syarat-syarat serta tahapan seleksi yang akan diajukan oleh program magang ke Jepang ini diantaranya :

  1. Seleksi administrasi

Dalam tahapan ini seleksi administrasi adalah pintu masuk bagi kalian yang akan menjalani program magang ke Jepang di IMM Jepang. Dalam tahapan ini kalian harus melengkapi berbagai berkas serta kelengkapan kelengkapan syarat yang harus dipenuhi. Selain itu ketelitian juga diperlukan dalam tahapan ini agar tidak ada syarat yang terlewatkan ketika menyerahkan berkas administrasi ke imm Jepang.

  1. Kesamaptaan

Setelah kalian lolos dalam tahapan seleksi administrasi kalian akan lanjut ke tahapan berikutnya yakni seleksi kesamaptaan. Dalam tahapan ini kalian akan menjalani pemeriksaan mulai dari tinggi badan berat badan. Selain itu kalian juga akan dicek mengenai apakah pernah menindik atau mentato tubuh kalian perlu diketahui dalam tahapan ini berlaku sistem gugur yang jika kalian tidak lolos akan berhenti Pada tahapan ini.

  1. Seleksi ketahanan fisik

Pada tahapan ini setelah kalian dicek mengenai anggota tubuh kalian akan dites melalui serangkaian ketahanan fisik yang diberikan oleh program magang ke Jepang ini. Apakah kalian layak untuk bekerja di Jepang atau tidak ketahanan fisik ini, ketahanan fisik ini meliputi lari 3 km selama 15 menit, nonstop push-up selama 35 kali dan juga sit-up selama 25 kali.

  1. Tes bahasa Jepang

Tentu saja karena negara tujuan kalian adalah negara Jepang kalian harus bisa dasar-dasar bahasa Jepang, seperti huruf-huruf Jepang yang meliputi Hiragana Katakana dan kanji jika kalian lolos kalian akan langsung lanjut ke tahapan selanjutnya.

  1. Wawancara

Dalam tahapan wawancara atau interview ini kalian biasanya akan langsung diwawancarai oleh perwakilan dari perusahaan yang akan menginginkan tenaga kalian di Jepang. Tentu saja tahapan ini akan menginterview beberapa informasi serta kepribadian dari calon pemagang.

Selain itu performa dan juga wawasan mengenai program magang ke Jepang ini juga diperlukan tentu saja selalu diingat sebelum menjalani tes wawancara ini kalian harus memperhatikan kerapian pakaian dan juga tata krama saat berada di dalam ruang interview.

  1. Seleksi kesehatan atau medical check up

Setelah menjalani serangkaian tes tersebut dybala pada puncak dari tahapan seleksi, yakni medical check up atau tes kesehatan di sini kalian akan menjalani pemeriksaan meliputi pemeriksaan darah mata urine narkoba atau HIV AIDS yang selanjutnya nya Kalian juga akan menjalani tes medical check up tahap kedua di Jepang.

Sekadar wawasan saja dalam tahapan-tahapan tes tersebut, biaya untuk tes masih secara pribadi atau masih belum dibiayai oleh pemerintah. Tentu saja dalam tahapan tes ini kalian harus memastikan diri dan mempersiapkan agar lolos dengan lancar, karena memang serangkaian tes ini akan mengeluarkan uang yang cukup banyak, dan jika tidak lolos anda akan rugi sendiri biaya tersebut meliputi segi akomodasi transportasi selama seleksi dan juga tes medical check up yang akan dibiayai secara pribadi.

Namun jika kalian bisa lolos dalam tes program magang ke Jepang tersebut dan bisa lanjut hingga kerja atau magang di Jepang, tentu kalian akan sangat beruntung meskipun kontraknya, hanya berkisar sampai dengan 3 tahun saja, namun penghasilan di sana cukup besar dibandingkan dengan di Indonesia Taruhlah jika UMR di Indonesia adalah di Kisaran Rp 5 juta, di sana kalian akan mendapatkan gaji hingga dua kali lipatnya yakni mencapai 10 juta rupiah bahkan lebih, tergantung dari perusahaan.

Tentu jumlah tersebut jumlah yang cukup besar namun kalian disana harus berhemat agar bisa membawa pulang uang yang cukup tinggi, karena gaya hidup di sana yang cukup tinggi harus menuntut kalian untuk tetap berhemat dan tidak gampang foya-foya.

Program magang ke Jepang ini sangat disarankan untuk kalian yang memiliki antusias yang tinggi serta kemauan yang keras, karena berbeda dengan atmosfer pekerjaan di Indonesia, atmosfer kerja di Jepang sangat keras dan juga harus memiliki etos kerja yang cukup tinggi, begitu gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi.

So, tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba program magang ke Jepang ini, selain untuk menambah pengalaman juga untuk mendapatkan penghasilan dan juga bisa berkunjung ke negeri Jepang yang terkenal dengan kekhasannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *