Magang di Jepang Berapa Lama

Magang di Jepang Berapa Lama? Ini Penjelasannya

Magang di Jepang Berapa Lama? Adalah pertanyaan dari  beberapa orang sama sekali tak tahu, atau mungkin tahu sedikit, atau tak mengerti seputar magang ke jepang. Banyak juga yang menganggap magang ke jepang merupakan sama dengan profesi menjadi TKI di luar negeri, dan itu merupakan profesi yang kurang bergengsi, dan mereka melihat dgn sebelah mata. Mungkin Anda juga berpikiran seperti itu?

Berikut merupakan sedikit penjelasan mengenai program magang ke Jepang.

Sebelum kita mengupas tentang pertanyaan Magang di Jepang Berapa Lama, ada baiknya kita pahami betul betul apa itu program magang di Jepang yang dimulai dari tujuannya.

Tujuan Magang di Jepang

Magang ke jepang bertujuan untuk :

  1. Transfer ilmu pengetahuan dan ketrampilan di perusahaan kecil dan menengah di jepang.
  2. Meningkatkan dan melatih sikap kerja dan kedisiplinan, dan etos kerja.
  3. Meningkatkan kesejahteraan peserta magang di Jepang dari Indonesia.
Magang di Jepang Berapa Lama
photo: tribunnews.com

Perbedaan magang di Jepang dan TKI

Magang di Jepang pada dasarnya berbeda dengan kerja di luar negeri dengan status pekerja atau banyak dikenal TKI ke Hongkong, Korea, Malaysia, Taiwan, Arab atau negara lainnya. Tentu saja Magang di Jepang Berapa Lama juga berbeda. Tetapi yang paling mendasar ialah Perbedaa pada status, perlindungan undang-undang, gaji, & fasilitas yg diberi. Selama di Jepang, peserta magang  menerima fasilitas apato (apartemen) atau rumah tinggal khusus untuk peserta magang yg dilengkapi dengan seluruh perabot & kelengkapan untuk menyokong kehidupan sehari2 peserta magang, umpamanya pralatan memasak, mesin cuci, pemanas air, AC, kulkas, TV, juga memperoleh fasilitas transportasi yakni sepeda pancal.

Keselamatan Kerja paling diutamakan oleh perusahaan Jepang, dan seluruh peserta magang dilindungi oleh asuransi. Untuk mengetahui perbedaannya dapat dibandingkan jaminan keselamatan kerja Jepang, dapat bandingkan sendiri dari standar perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.

Status magang di Jepang

Status Magang ke Jepang merupakan sebagai trainee selama 1 atau 3 tahun atau lebih (maksimal 5 tahun) (tergantung alternatif peserta) yg akan dipekerjakan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, industri manufacture / pabrik, konstruksi, garment, perkapalan dan lainnya. Dari uraian ini, pertanyaan Magang di Jepang Berapa Lama? sudah terjawab.

Selama di jepang, pada hari2 libur para peserta magang dapat berlibur atau bepergian ke beraneka kota di Jepang dengan memanfaatkan sarana transportasi yang canggih. Yaitu seperti densha ( kereta listrik ), shinkansen ( kereta api pesat ) , chikatetsu ( kereta api bawah tanah ) bus, dan lainnya. Bermacam-macam acara festival tahunan jepang, perayaan2 atau matsuri bahkan dapat ditiru ataupun dirasakan oleh peserta magang. Jadi, kecuali berprofesi sebagai pemagang di perusahaan di jepang, para peserta magang juga akan bertambah wawasan seputar adat istiadat, kecanggihan teknologi, ataupun pengalaman menarik lainnya.

Sesudah Magang di Jepang

Apabila peserta sudah memecahkan magang selama 3 tahun, mereka rata rata membawa pulang Rp 250 juta s.d 400 jutaan, malah ada yang lebih dari itu, tergantung pola hidup peserta di jepang. Coba bandingkan dgn berprofesi di Indonesia, umpamanya dengan gaji 2-3juta/bulan, butuh berapa tahun untuk dapat menerima uang sebanyak itu ?

Sesudah 3 bulan semenjak kepulangan dari Jepang, peserta masih akan mendapatkan nenkin (semacam asuransi atau tunjangan hari tua yg selama magang di jpn dibayarkan tiap-tiap bulan). Rata rata mendapatkan berkisar antara 20 jt s.d 50 juta.

Bukan cuma itu, ada banyak perusahaan jepang di Indonesia yang menawarkan profesi kepada para peserta magang yang sudah kembali ke indonesia. Tentunya dengan gaji atau jabatan atau posisi di perusahaan tersebut. Tentunya dengan syarat mempunyai kemampuan mantan peserta magang jepang tersebut akan mendapatkan gaji lebih tinggi ketimbang karyawan pada lazimnya. Para peserta magang yang sudah pulang ke indonesia juga dengan gampang dapat mendaftar ke perusahaan – perusahaan lain yang mempunyai bidang yang sama dengan keahlian yg dimilikinya selama magang di jepang.

Selain daripada itu, para peserta magang yang sudah pulang ke Indonesia juga dapat membuka usaha mandiri. Kegiatan itu dapat didukung dengan modal usaha yg dikumpulkan selama magang ke jepang. Atau dengang pilihan lain dapat melanjutkan kuliah untuk menerima pengajaran yg lebih tinggi. Itulah uraian tentang Magang di Jepang Berapa Lama, semoga berguna dan jangan lewatkan seleksi nasional magang jepang di gaerah masing masing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *